Pembeda
|
Google
|
Yahoo
|
Bing
|
Pecipta
|
1.
Larry Page
2.
Sergey Brin
|
1.
David Filo
2.
Jerry Yang
|
Dikembangkan oleh Microsoft
|
Pusat
pengendalian
|
Sunnyvale
California
|
Mountain
View California
|
-
|
Tahun
peluncuran
|
September 1999
|
April 1994
|
Juni 2009
|
Cach (alat
penghemat waktu)
|
memiliki
|
Tidak
memiliki
|
Tidak
memiliki
|
Kecepatan
|
Cepat dan mudah dalam mencari informasi
|
Lama dan membutuhkan waktu dalam mencari informasi
|
Cepat dan mudah dalam mencari informasi
|
Fitur
|
Cukup
Lengkap
|
Kurang
Lengkap
|
Kurang
Lengkap
|
Fitur E-mail
|
Memiliki tapi jarang dipakai oleh pengguna Internet
|
Memiliki dan digemari oleh para pemakai internet
|
Tidak memiliki
|
Tampilan
|
Sederhana
|
Sederhana
|
Menarik
gambarnya selalu berubah-ubah
|
Fasilitas
Instant Answer
|
Tidak Memiliki
|
Tidak Memiliki
|
Memiliki
|
Fitur Katalog
Web
|
Tidak
memiliki
|
Memiliki
|
Tidak
Memiliki
|
Fitur Maps
|
Memiliki
|
Tidak Memiliki
|
Memiliki dan lebih interaktif
|
Hasil
Pencarian
|
Cepat
dan luas
|
Lumayan
Cepat dan luas
|
Cepat
tetapi jangkauan yang sempit
|
Fitur image
|
Memiliki
|
Memiliki
|
Memiliki
|
Pengguna
|
Lebih
banyak Google dibanding Yahoo dan Bing
|
Jadi Menurut
saya search engine yang terbaik adalah Google meskipun tampilannya sederhana
tetapi memiliki fitur yang cukup lengkap dan cepat dan mudah dalam mengakses
informasi yang dicari
Contoh
Search Engine lainnya :
A. MSN (Microsoft)
KELEBIHAN (+)
1. mampu mencari
video, musik, gambar, dan beragam format file spesial.
KEKURANGAN (-)
1. Pencarian Dibutuhkan
waktu yang lama sampai hasil ditampilkan di halaman MSN.
2. Pengguna juga
sulit membedakan antara iklan dan bukan iklan pada halaman pencariannya.
Penampilan iklan hanya dibedakan dari hasil
asli melalui sebuah titik di depannya.
B. ASK.COM
Dulu namanya adalah Ask Jeeves (Jeeves adalah karikatur
eksekutif pria yang lihai menjawab segala pertanyaan). Situs ini bisa menjadi
alternative sebab masih bisa menemukan situs yang terkubur akibat spam di
jejaring mesin pencari lainnya.
KELEBIHAN (+)
1. Keunggulan
utamanya adalah ia akan mencari situs penyedia jawaban untuk pertanyaan anda.
C. LYCOS
KELEBIHAN (+)
1. Lycos mampu
mencari data dengan cepat dan ini merupakan kelebihannya.
2. Dalam hal
pencarian cepat.Lycos menyediakan fungsi “Fun Search” yang lebih diperuntukkan
bagi kalangan remaja.
3. Ini sangat
membantu bagi kalangan yang membutuhkan gosip dan lagu terbaru dari para
selebritis pujaan.
4. Lycos juga
menampilkan 50 pencarian terbesar di halaman depannya.
KEKURANGAN (-)
1. Untuk mencari
berita-berita aktualnya, pengguna harus masuk ke bagian site map karena
berita-berita tersebut tidak ditampilkan di halaman depan.
2. Sering tidak spesifik karena datanya
kebanyakan masih mengambil data dari mesin pencari Alltheweb yang tergolong
paling lamban dalam pencarian data
D. WINDOWS LIVE SEARCH
Pengembangan yang terus dilakukan oleh Microsoft menghasilkan
keputusan untuk memisahkan mesin pencari dengan Windows Live. Pada akhirnya
Microsoft mengubah nama mesin pencarinya menjadi Live Search, yang kemudian
dikonsolidasikan dengan Microsoft adCenter. Reorganisasi yang dilakukan ini,
menimbulkan banyak perubahan dalam kebijakan, misalnya menghentikan beberapa
produk seperti Windows Live Expo, Live Search Macros, dan sebagainya.
Perubahan
yang terus dilakukan Microsoft ini ternyata belum membuahkan hasil. Microsoft
menyadari bahwa penggunaan brand name untuk produk mesin pencari sangatlah
penting. Akhirnya untuk menciptakan indentitas baru, Microsoft menghadirkan
suatu mesin pencari baru pada tanggal 3 Juni 2009, yang diberi nama Bing,
kepada seluruh pengguna Internet di dunia.
KELEBIHAN (+)
1.
Mampu mencari informasi yang lebih spesifik baik berupa website, berita,
gambar, maupun musik, serta lainnya.
KEKURANGAN (-)
1.
Search engine ini tidak begitu populer
E. WEB
CRAWLER
Web crawler adalah suatu program
atau script otomatis yang relatif simple, yang menggunakan metode tertentu
untuk melakukan scan atau “crawl” ke semua halaman-halaman Internet untuk
membuat index dari data yang dicarinya. Sebutan/julukan lain untuk web crawl
adalah web spider, web robot, bot, crawl dan automatic indexer.
Web crawl
dapat digunakan untuk beragam tujuan. Penggunaan yang paling umum adalah yang
terkait atau berhubungan langsung dengan
search engine. Search engine menggunakan web crawl untuk mengumpulkan informasi
mengenai apa yang ada di halaman-halaman web publik. Tujuan utamanya adalah
mengumpukan data sehingga ketika pengguna Internet mengetikkan kata pencarian
di komputernya, search engine dapat dengan segera menampilkan web site yang
relevan dan sesuai dengan yang dicari.
Ketika web
crawl search engine mengunjungi halaman web, ia “membaca” teks yang terlihat,
hyperlink, dan konten berbagai tag yang digunakan dalam situs seperti meta tag
yang banyak berisi keyword. Berdasar kaninformasi yang dikumpulkan web crawl,
search engine akan menentukan situs dan mengindex informasinya. Website tersebut
kemudian dimasukkan ke dalam database search engine dan dilakukan proses
penentuan ranking setiap halamannya.
Search
engine bukanlah satu-satunya pengguna web crawl. Linguist bisa menggunakan web
crawl untuk melakukan analisis tekstual; yaitu, mereka bisa menyisir Internet
untuk menentukan kata apa yang paling umum digunakan hari ini (keyword
populer). Peneliti pasar dapat menggunakan web crawl untuk menentukan dan
memanipulasi trend pada suatu pasar tertentu. Ini semua merupakan contoh
beragam penggunaan web crawl. Web crawl dapat digunakan oleh siapapun yang
melakukan pencarian informasi di Internet.
Web crawl
beroperasi hanya sekali, misalnya untuk suatu projek yang hanya sekali jalan,
atau jika tujuannya untuk jangka panjang seperti pada kasus search engine,
mereka bisa diprogram untuk menyisir Internet secara periodik untuk menentukan
apakah sudah berlangsung perubahan yang
signifikan. Jika suatu situs mengalami trafik sangat padat atau kesulitan
teknis, spider atau crawl dapat diprogram untuk mencatat hal ini dan
mengunjunginya kembali setelah kesulitan teknis itu terselesaikan dan dilakukan
pembenahan serta perbaikan.
Kelebihan
1. Suatu program
atau script otomatis yang relatif simple. Dapat digunakan untuk beragam tujuan.
Penggunaan yang paling umum adalah yang terkait
atau berhubungan langsung dengan search engine.
Kekurangan
1. Beroperasi hanya
sekali, misalnya untuk suatu projek yang hanya sekali jalan
F. LOOKSMART
Looksmart bukanlah search engine, tapi mempunyai pengaruh
besar juga dalam pencarian data di internet. Directori ini berbagi database
yang sudah dibuatkan kategorinya berupa link dengan MSN, Home.net, CNN, dan
Time Warner. Situs ini merupakan yang termasuk berbayar, untuk itu jika anda
mempunyai uang,daftarkan juga ke sini.
Kelebihan
1. Menyediakan
produk iklan pencarian dan layanan kepada pengiklan teks
2. Kekurangan
1.
Situs ini merupakan yang termasuk berbayar
G. WISENUT
Kelebihan
1. Situs yang
ditampung oleh database ini sekitar 579 juta buah.
2. Terdapat 21
bahasa dunia yang berbeda tetapi bahasa Indonesia belum ada.
3. Bebas dari
banner iklan dan aneka image yang memberatkan.
4. Menyediakan form
isian untuk mencari database yang diinginkan.
5. Adanya
pemfilteran terhadap situs-situs pornografi
Kekurangan
1. Situs ini telah
ditutup
H. BAIDU
SEARCH ENGINE .
Kelebihan
1. Baidu Post Bar
menyediakan pengguna dengan permintaan masyarakat berbasis dicari untuk
bertukar pandangan dan berbagi pengetahuan dan pengalaman.
2. Baidu Berita
menyediakan link untuk pilihan lokal, berita nasional dan internasional.
3. Cari MP3 Baidu
menyediakan link yang dihasilkan algoritma untuk lagu dan file multimedia
lainnya yang disediakan oleh penyedia konten Internet.
4. Baidu
Ensiklopedi.Baidu Internet Tv
Kekurangan
1. Untuk pencarian
tdk secepat google /yahoo.Bahsa didominan oleh bahasa mandarin.
2. Jangkauan
artikel/ berita yang dimuat lebih sedikit ditimbang dengan google.
3. Penampilan
gambar pada baidu kurang jelas.
4. Proteksi dalam
baidu bisa dibilang jelek
Keterangan ~> Baidu merupanakan searc
engine terbesar di cina dan didirikan pada tanggal 18 Januari 2000.
I. ICEROCKET
SEARCH ENGINE .
Kelebihan
1. Dapat mencari
gambar. mencari search engine yang susah dicari.
2. Dapat digunakan
untuk mencari dan membuat blog
3. Ada fasilitas
news yang digunakan untuk melihat kabar berita terbaru.
4. Serta mudah
untuk melihat daftar video yang baru seperti film bioskop yang hot news
Kekurangan
1. Kurang begitu
populer.
2. Sulit untuk
memahami cara memakai web.
3. Cara pemakaian
dan fasilitas yang kurang memadai
J. ENTIREWEB SEARCH ENGINE .
Kelebihan
1. Memiliki web
crawler sendiri,Speedy Spider(penjelajah web otomatis yang digunakan untuk
membuat indeks pencarian).
2. Memiliki satu
algoritma merangkak terpandai.
3. Terhubung ke
banyak web – web lain
Kekurangan
1. Kadangkala tidak
menampilkan hasil yang diinginkan.
2. Kenndala bahasa
Penemu : Marcus
Andersson
0 komentar:
Posting Komentar