Jumat, 08 November 2013

Search Engine




Pembeda
Google
Yahoo
Bing
Pecipta
1.      Larry Page
2.      Sergey Brin
1.      David Filo
2.      Jerry  Yang
Dikembangkan oleh Microsoft
Pusat pengendalian
Sunnyvale California
Mountain View California
-
Tahun peluncuran
September 1999
April 1994
Juni 2009
Cach (alat penghemat waktu)
memiliki
Tidak memiliki
Tidak memiliki
Kecepatan
Cepat dan mudah dalam mencari informasi

Lama dan membutuhkan waktu dalam mencari informasi
Cepat dan mudah dalam mencari informasi
Fitur
Cukup Lengkap
Kurang Lengkap
Kurang Lengkap
Fitur E-mail
Memiliki tapi jarang dipakai oleh pengguna Internet
Memiliki dan digemari oleh para pemakai internet
Tidak memiliki
Tampilan
Sederhana
Sederhana
Menarik gambarnya selalu berubah-ubah
Fasilitas Instant Answer
Tidak Memiliki
Tidak Memiliki
Memiliki
Fitur Katalog Web
Tidak memiliki
Memiliki
Tidak Memiliki
Fitur Maps
Memiliki
Tidak Memiliki
Memiliki dan lebih interaktif
Hasil Pencarian
Cepat dan luas
Lumayan Cepat dan luas
Cepat tetapi jangkauan yang sempit
Fitur image
Memiliki
Memiliki
Memiliki
Pengguna
Lebih banyak Google dibanding Yahoo dan Bing

Jadi Menurut saya search engine yang terbaik adalah Google meskipun tampilannya sederhana tetapi memiliki fitur yang cukup lengkap dan cepat dan mudah dalam mengakses informasi yang dicari


Contoh Search Engine lainnya :
A.  MSN (Microsoft)
KELEBIHAN (+)
1.      mampu mencari video, musik, gambar, dan beragam format file spesial.
KEKURANGAN (-)
1.      Pencarian Dibutuhkan waktu yang lama sampai hasil ditampilkan di halaman MSN.
2.      Pengguna juga sulit membedakan antara iklan dan bukan iklan pada halaman pencariannya. Penampilan iklan hanya dibedakan dari  hasil asli melalui sebuah titik di depannya.
B.   ASK.COM
Dulu namanya adalah Ask Jeeves (Jeeves adalah karikatur eksekutif pria yang lihai menjawab segala pertanyaan). Situs ini bisa menjadi alternative sebab masih bisa menemukan situs yang terkubur akibat spam di jejaring mesin pencari lainnya.
KELEBIHAN (+)
1.      Keunggulan utamanya adalah ia akan mencari situs penyedia jawaban untuk pertanyaan anda.
C.   LYCOS
KELEBIHAN (+)
1.      Lycos mampu mencari data dengan cepat dan ini merupakan kelebihannya.
2.      Dalam hal pencarian cepat.Lycos menyediakan fungsi “Fun Search” yang lebih diperuntukkan bagi kalangan remaja.
3.      Ini sangat membantu bagi kalangan yang membutuhkan gosip dan lagu terbaru dari para selebritis pujaan.
4.      Lycos juga menampilkan 50 pencarian terbesar di halaman depannya.
KEKURANGAN (-)
1.      Untuk mencari berita-berita aktualnya, pengguna harus masuk ke bagian site map karena berita-berita tersebut tidak ditampilkan di halaman depan.
2.       Sering tidak spesifik karena datanya kebanyakan masih mengambil data dari mesin pencari Alltheweb yang tergolong paling lamban dalam pencarian data
D.   WINDOWS LIVE SEARCH
Pengembangan yang terus dilakukan oleh Microsoft menghasilkan keputusan untuk memisahkan mesin pencari dengan Windows Live. Pada akhirnya Microsoft mengubah nama mesin pencarinya menjadi Live Search, yang kemudian dikonsolidasikan dengan Microsoft adCenter. Reorganisasi yang dilakukan ini, menimbulkan banyak perubahan dalam kebijakan, misalnya menghentikan beberapa produk seperti Windows Live Expo, Live Search Macros, dan sebagainya.
Perubahan yang terus dilakukan Microsoft ini ternyata belum membuahkan hasil. Microsoft menyadari bahwa penggunaan brand name untuk produk mesin pencari sangatlah penting. Akhirnya untuk menciptakan indentitas baru, Microsoft menghadirkan suatu mesin pencari baru pada tanggal 3 Juni 2009, yang diberi nama Bing, kepada seluruh pengguna Internet di dunia.
KELEBIHAN (+)
1.    Mampu mencari informasi yang lebih spesifik baik berupa website, berita, gambar, maupun musik, serta lainnya.
KEKURANGAN (-)
1.    Search engine ini tidak begitu populer



E. WEB CRAWLER
            Web crawler adalah suatu program atau script otomatis yang relatif simple, yang menggunakan metode tertentu untuk melakukan scan atau “crawl” ke semua halaman-halaman Internet untuk membuat index dari data yang dicarinya. Sebutan/julukan lain untuk web crawl adalah web spider, web robot, bot, crawl dan automatic indexer.
Web crawl dapat digunakan untuk beragam tujuan. Penggunaan yang paling umum adalah yang terkait  atau berhubungan langsung dengan search engine. Search engine menggunakan web crawl untuk mengumpulkan informasi mengenai apa yang ada di halaman-halaman web publik. Tujuan utamanya adalah mengumpukan data sehingga ketika pengguna Internet mengetikkan kata pencarian di komputernya, search engine dapat dengan segera menampilkan web site yang relevan dan sesuai dengan yang dicari.
Ketika web crawl search engine mengunjungi halaman web, ia “membaca” teks yang terlihat, hyperlink, dan konten berbagai tag yang digunakan dalam situs seperti meta tag yang banyak berisi keyword. Berdasar kaninformasi yang dikumpulkan web crawl, search engine akan menentukan situs dan mengindex informasinya. Website tersebut kemudian dimasukkan ke dalam database search engine dan dilakukan proses penentuan ranking setiap halamannya.
Search engine bukanlah satu-satunya pengguna web crawl. Linguist bisa menggunakan web crawl untuk melakukan analisis tekstual; yaitu, mereka bisa menyisir Internet untuk menentukan kata apa yang paling umum digunakan hari ini (keyword populer). Peneliti pasar dapat menggunakan web crawl untuk menentukan dan memanipulasi trend pada suatu pasar tertentu. Ini semua merupakan contoh beragam penggunaan web crawl. Web crawl dapat digunakan oleh siapapun yang melakukan pencarian informasi di Internet.
Web crawl beroperasi hanya sekali, misalnya untuk suatu projek yang hanya sekali jalan, atau jika tujuannya untuk jangka panjang seperti pada kasus search engine, mereka bisa diprogram untuk menyisir Internet secara periodik untuk menentukan apakah sudah berlangsung perubahan  yang signifikan. Jika suatu situs mengalami trafik sangat padat atau kesulitan teknis, spider atau crawl dapat diprogram untuk mencatat hal ini dan mengunjunginya kembali setelah kesulitan teknis itu terselesaikan dan dilakukan pembenahan serta perbaikan.


Kelebihan
1.      Suatu program atau script otomatis yang relatif simple. Dapat digunakan untuk beragam tujuan. Penggunaan yang paling umum adalah yang terkait  atau berhubungan langsung dengan search engine.
Kekurangan
1.      Beroperasi hanya sekali, misalnya untuk suatu projek yang hanya sekali jalan
F.  LOOKSMART
Looksmart bukanlah search engine, tapi mempunyai pengaruh besar juga dalam pencarian data di internet. Directori ini berbagi database yang sudah dibuatkan kategorinya berupa link dengan MSN, Home.net, CNN, dan Time Warner. Situs ini merupakan yang termasuk berbayar, untuk itu jika anda mempunyai uang,daftarkan juga ke sini.
Kelebihan
1.      Menyediakan produk iklan pencarian dan layanan kepada pengiklan teks
2.      Kekurangan
1.    Situs ini merupakan yang termasuk berbayar
G. WISENUT
Kelebihan
1.      Situs yang ditampung oleh database ini sekitar 579 juta buah.
2.      Terdapat 21 bahasa dunia yang berbeda tetapi bahasa Indonesia belum ada.
3.      Bebas dari banner iklan dan aneka image yang memberatkan.
4.      Menyediakan form isian untuk mencari database yang diinginkan.
5.      Adanya pemfilteran terhadap situs-situs pornografi
Kekurangan
1.      Situs ini telah ditutup

H. BAIDU SEARCH ENGINE .
Kelebihan
1.      Baidu Post Bar menyediakan pengguna dengan permintaan masyarakat berbasis dicari untuk bertukar pandangan dan berbagi pengetahuan dan pengalaman.
2.      Baidu Berita menyediakan link untuk pilihan lokal, berita nasional dan internasional.
3.      Cari MP3 Baidu menyediakan link yang dihasilkan algoritma untuk lagu dan file multimedia lainnya yang disediakan oleh penyedia konten Internet.
4.      Baidu Ensiklopedi.Baidu Internet Tv
Kekurangan
1.      Untuk pencarian tdk secepat google /yahoo.Bahsa didominan oleh bahasa mandarin.
2.      Jangkauan artikel/ berita yang dimuat lebih sedikit ditimbang dengan google.
3.      Penampilan gambar pada baidu kurang jelas.
4.      Proteksi dalam baidu bisa dibilang jelek
 Keterangan ~> Baidu merupanakan searc engine terbesar di cina dan didirikan pada tanggal 18 Januari 2000.



I. ICEROCKET SEARCH ENGINE .
Kelebihan
1.      Dapat mencari gambar. mencari search engine yang susah dicari.
2.      Dapat digunakan untuk mencari dan membuat blog
3.      Ada fasilitas news yang digunakan untuk melihat kabar berita terbaru.
4.      Serta mudah untuk melihat daftar video yang baru seperti film bioskop yang hot news
Kekurangan
1.      Kurang begitu populer.
2.      Sulit untuk memahami cara memakai web.
3.      Cara pemakaian dan fasilitas yang kurang memadai
J.  ENTIREWEB SEARCH ENGINE .
Kelebihan
1.      Memiliki web crawler sendiri,Speedy Spider(penjelajah web otomatis yang digunakan untuk membuat indeks pencarian).
2.      Memiliki satu algoritma merangkak terpandai.
3.      Terhubung ke banyak web – web lain
Kekurangan
1.      Kadangkala tidak menampilkan hasil yang diinginkan.
2.      Kenndala bahasa
 Penemu : Marcus Andersson 

0 komentar:

Posting Komentar